Monday, October 31, 2005

LIFE BEGINS at FATTY (Sekelumit kisah dibalik Layar)

Senin, 31 November 2005

Proses Kelahiran “Life Begins at Fatty”

Mungkin suatu saat nanti kau akan bertanya :”Bunda, kenapa namaku yang semula “Nadia” diganti menjadi “Life begins at Fatty”?
Maka aku akan buru-buru merengkuh bahumu dan berkata :”Nak, Duduk disini dan dengarkan Bunda cerita lika-liku kelahiranmu, mulai dari hanya berwujud sebuah ide hingga menjadi sebuah novel!”

“Nadia, semuanya bermula sejak tanggal 19 Oktober 2004. Saat itu bunda meninggalkan tapak kaki terakhir di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ship building & repair di Tanjung Uncang. Kemudian bunda memutuskan pulang ke medan dengan pikiran yang kusut, kalut, dan tidak tenang. Bunda merasa jenuh bekerja di perusahaan, Nak. Selama bulan puasa hingga lebaran bunda hanya bersantai, membuat kue (salah satu hal favorit bunda) serta mendengarkan lagu sambil baca novel. Hingga akhirnya semua novel sewaan sampai kumpulan Donal Bebek habis terbaca, bunda kembali bingung ingin berbuat apa. Bunda hanya ingin menulis, menulis, menulis, tapi menulis apa?!
Akhirnya dengan modal laptop pinjaman dari bang Ithang, Bunda mulai menulis..menulis….dan menulis. Sekitar 20 hari kemudian lahirlah kakakmu :Andrena Sofia Nasution dalam sebuah buku Menjemput Impian. (Detail akan menyusul menjelang penerbitannya). Kemudian Bunda kembali menulis dan 10 hari kemudian lahirlah dirimu : Nadia Alifia. Kau begitu gemuk dan lucu. Bunda menuliskanmu dengan sepenuh hati dan masih terus mengeditmu demi membuat dirimu layak dibaca. Kemudian bunda mulai mencari-cari informasi penerbit dan memutuskan untuk menyerahkanmu pada Grasindo sekitar pertengahan Januari 2005. Kemudian bunda mulai memutuskan kembali ke Batam dan berkonsentrasi untuk melahirkan adik-adikmu: Karina Sundari (belum cukup dewasa untuk diterbitkan), Dewi “Reni” Anggraini (Insya Allah akan diterbitkan Grasindo, kalo harga kertas turun..hahaha), dan Shadina April Nasution (tahap pemantapan), juga Amira Januari dan Sabina yang masih 30 halaman (Phewww!!). Sekitar bulan Februari, bunda mengirimmu pada mas Arul Khana dan saat beliau memujimu, rasanya bunda ingin menangis terharu dan bahagia. Seakan-akan rasa percaya diri bunda tumbuh kembali. Sayangnya penerbitan beliau hanya menerima novel dengan ketebalan tertentu, sementara kamu terlalu gemuk, Nak. Mas Arul menyuruh bunda mengeditmu, tapi ternyata terlalu banyak halaman yang harus dibuang dan bunda tidak tega.Ternyata lamaaaa sekali bunda harus menunggu kabarmu dari Grasindo, sampai beberapa kali bunda telpon di bulan Maret dan April. Kemudian saat bunda umroh di penghujung April, bunda mendoakanmu, Nak. "Jika memang kamu akan memberikan manfaat buat pembaca, mudahkan prosesnya. Jika tidak, bunda ikhlas kamu tidak usah terbit".

Alhamdulillah, 2 Mei 2005 mbak Mira ngirim sms: “Selamat mbak, naskah diterima. Tinggal tunggu surat kontrak dan saya minta file-nya.” Bunda menangis saat itu, Nak. Bunda buru-buru mengirim soft copy dan memilih foto terbaik untuk ditempel di buku. Bunda bingung, foto yang mana ya?!Tapi akhirnya bunda berpikir, toh dirimu yang akan menjadi bintang, seorang Nadia Alifia, bukan bunda. Bunda cukup bahagia bisa melihatmu dipajang di toko buku, Nak.

Tapi lagi-lagi semuanya tidak semudah itu untuk diraih. Minggu demi minggu bunda tunggu, tapi blueprint-nya tak kunjung tiba. Awal Juni baru tiba dan bunda buru-buru memeriksa dan esoknya langsung dikirim kembali ke Jakarta. Kembali penantian minggu demi minggu. Tiba-tiba mbak Siska memberitahu bahwa terjadi salah kirim, bahwa itu naskah yang belum diedit editor, dan bahwa akan dikirim kembali naskah yang sudah diedit. Bunda mengelus dada sambil tersenyum sabar. Pertengahan Juli baru bunda terima blueprint yang sudah berisi ilustrasi gambar. Cantik sekali. Setelah dikirim ke Jakarta, kembali bunda menanti minggu demi minggu. Kemudian mas Bimo nelpon untuk mendiskusikan judul yang tepat. Nadia? Terlalu biasa. NAD? Kurang juga. Ok, I’m big…so what? Boleh juga. Beberapa minggu kemudian, mas Bimo menelpon lagi dengan alternative baru: Ok,..i’m big, so what gitu loh?! Maklum, ‘gitu lho’ kan lagi ngetren…hehehe

Kembali minggu demi minggu bunda menunggu dengan sabar. Hingga seminggu menjelang puasa mbak Mira telpon: “Bagaimana kalau judulnya diganti: Life begins at Fatty?” Rupanya mas Bimo tiba-tiba ada penampakan ide. Hmm, kedengarannya bagus juga. Bunda langsung setuju, walaupun masih bingung :”ternyata kamu belum juga dicetak…oalaaahhh ndduukkk!”. Itulah asal mulanya perubahan namamu.
Kemudian kembali bunda menanti hingga kamu selesai dicetak dan masuk ke gudang untuk kemudian didistribusi ke toko buku. Hingga akhirnya tanggal 21 Oktober 2005, kamu sudah masuk gudang dan siap untuk diedarkan.

"Nadia, 10 bulan lebih bunda membidanimu hingga menjadi sebuah novel yang layak dibaca. Kini satu-satunya doa bunda supaya kamu bisa bermanfaat buat siapapun yang membacamu. Adalah suatu kesia-siaan jika suatu karya dihasilkan tanpa membawa manfaat, lebih sedih jika justru membawa mudharat".

"Sekali lagi maafkan bunda, Nak. Nadia Alifia adalah nama yang bagus, akan lebih bagus jika dipadukan dengan rasa percaya diri dan selalu mensyukuri setiap karunia yang diberikan-Nya. Always count your blessing!”

Peluk sayang,
Bunda :-)



This Journey of Life is not Ended yet!

3 Comments:

  • At 11:08 PM, Blogger Nahria Medina Marzuki said…

    Seneeng ya mbaak, bukunya udah terbit :)

     
  • At 4:47 PM, Blogger Sam said…

    Mbak nana, setangkup terima kasih telah tersempatkan menengok blog saya barang sejenak.

    Selamat atas bukunya. Harap say apun bisa mengikuti langkahnya :)

    salam
    sam

     
  • At 8:12 AM, Blogger unai said…

    bersyukurlah...memiliki talent yang nggak semua orang punya. Good luck ya...laris...manis tanjung kimpul...Aku pasti koleksi juga.makasih dah mampir

     

Post a Comment

<< Home

     
 

Syafrina @ blogdrive.com

buzz me

Lomba Blogfam HUT Kemerdekaan RI ke 61
Jumpa Penulis Blogfam
BlogFam Community Powered by Blogger
››  Grasindo
››  Gramedia
››  metropop
 
 
›› May 2005
›› October 2005
›› November 2005
›› December 2005
›› January 2006
›› February 2006
›› March 2006
›› April 2006
›› May 2006
›› June 2006
›› July 2006
›› August 2006
›› September 2006
›› October 2006
›› November 2006
›› December 2006
›› March 2007
›› April 2007
›› May 2007
›› June 2007
›› July 2007
›› August 2007
›› September 2007
›› October 2007
›› December 2007

 
››  dv
››  jaf
››  ryu
››  yuli
››  veli
››  eka
››  chia
››  mya
››  dian
››  nien
››  iwok
››  iwan
››  yaya
››  linda
››  sisca
››  khun
››  dinot
››  dhira
››  zawa
››  nunik
››  jamal
››  anina
››  renny
››  ryane
››  widya
››  pritha
››  apollo
››  ruslee
››  tika82
››  donna
››  hanan
››  tata03
››  samuel
››  rexanis
››  beverly
››  dahliana
››  deetopia
››  lorddhika
››  kanghadi
››  rainraven
››  ali asnawi
››  mariskova
››  jhon_lanon
››  oesoep835


segera terbit



 
 
tampilan dipermak oleh oesoep835