Thursday, April 06, 2006

Dibalik Kelahiran My Two Lovers

Kronologis:

Mid Desember 2004 : Naskah selesai ditulis
Awal Januari 2005 : Dikirim ke sebuah penerbit baru. Juga dikirim ke seorang penulis novel senior yang sudah menghasikan 2 novel.
Hasil : kritikan sangat tajam dan 3 hari mogok menulis
Atas support Yuli Berliantin dan Pandini Dwi Puspita, mogok dihentikan.
Akhir Januari 2005 : Naskah dikembalikan oleh penerbit dengan alasan : Tidak sesuai dengan tema penerbitan.
Awal Februari 2005 : Naskah revisi 1 dikirim ke GPU.
Juni – Juli 2005 : Naskah dikembalikan GPU dengan syarat : Jika bersedia merevisi dan menambah beberapa bagian tertentu, GPU bersedia mempertimbangkan kembali.
2 minggu kemudian : Naskah yang sudah direvisi lagi dikirim ke GPU
20 Oktober 2005 : Pemberitahuan resmi dari GPU, naskah akan diterbitkan.
Januari – Maret 2005 : Proses editing, design cover, hingga finalise proofread bersama Vera, editor GPU.
12 April 2006 : My Two Lovers (dulu: Menjemput Impian) siap diedarkan.

Note : Tidak ada proses yang instant. Setiap karya melalui proses kreatifitas, melalui penantian yang panjang bercampur harap cemas dan doa. Ketika tiba saatnya diterbitkan, semata-mata karena rida-NYA. Kini satu-satunya doa : My Two Lovers bisa bermanfaat buat siapapun yang membaca.

Adalah suatu kesia-siaan jika suatu karya dihasilkan tanpa membawa manfaat, lebih sedih jika justru membawa mudharat.


Warm Regards,
Syafrina Siregar
Bundanya Nadia Alifia (Life Begins at Fatty),
& Andrena Sofia Nasution (My Two Lovers)

17 Comments:

  • At 7:55 AM, Blogger .n.a.n.a. said…

    ternyata.. prosesnya 'keras' juga ya...
    jd penulis slain hrs kreatif, hrs 'tahan banting' juga ya ^__^
    sukses trus buat mbak Nana

     
  • At 8:11 AM, Blogger Innuendo said…

    na, itu semua proses dilakukan dimana ??

     
  • At 9:45 AM, Blogger Iwok said…

    Thank you Nana. menyadarkanku atas sebuah proses!

     
  • At 10:11 AM, Blogger Innuendo said…

    na, itu tulip shops di daerah mount vernon, sejam dari seattle. pemilik kebun tulip selaen owner kebun tulis, juga nyewain toko kayak pameran gitu. so, jualin bunga dll

    minggu depan aku attach picsnya yaaa

     
  • At 3:03 AM, Blogger Labibah said…

    salut na. atas proses kreatifnya yang berdarah-darah. darah itu merah jendrallll!!!
    hihi
    -maknyak-

    http://serambirumahkita.blogspot.com

     
  • At 3:28 PM, Blogger clodi said…

    aku jadi inget waktu baca proses dirilisnya jomblo adhitya.. yah emang sih, suatu karya mana ada yang instan.. nanti aku mau beli ah, pengin liat polesan tintanya nana... *nutup idung dan membujuk suami ke gramedia!*

     
  • At 9:11 AM, Blogger Ryu Tri said…

    hiks...sadaaaaar ry...sadar skrg klo itu butuh proses panjang:( pntesaaaaan susyeeenya tembus satuuu aja susyaa...//apa nopelku jeyekkk yuah??

    enihey thnks mba, jd melek neeh...eniwey kirim ke GPU nya ke jkrta? mba nana kirim dr medankah?????

    //antusias pgn tao

     
  • At 4:04 PM, Anonymous Anonymous said…

    Iya Mbak Nana, mama ku juga bilang gituh waktu teenlitku nggak lolos lomba GPU. Sekarang lagi ngantri jalur umum di GPU udah dua bulan belom dikasitau terbit/nggak...Jadi termotivasi baca postingan ini, thx ya!

     
  • At 1:30 PM, Blogger Ririn said…

    na..kamu nyadarin aku akan sesuatu, ternyata belajar sesuatu itu gak instant :) Thanks...
    Ketika aku bikin novel yang udah kamu baca, aku cuma butuh waktu dua minggu lebih, padhal itu agustus 2005 (alias sebelum hamil)
    ketika semangat menggebu, aku dapat masukan u-merevis...ternyata susahnya setengah mati, bahkan terbengong-bengong gak tahu harus diapain tuh novel.
    Dan perjuanganmu cukup panjang ya na...
    sukses ya sis!!

     
  • At 1:50 PM, Blogger ▌●‡‡ MewMew ‡‡●▐ said…

    Sip! Aku dah beli My Two Lovers-nya. Aku jatuh cinta ama warna sampulnya. He He He...

     
  • At 11:37 AM, Blogger Ida Syafyan said…

    Alhamdulillah akhirnya... ngebacanya jadi ikutan deg2an :D... ternyata panjang ya mbak prosesnya, kirain...

    tetap semangat ya mbak, semoga lebih tahan banting lagi sesudahnya.

     
  • At 3:12 PM, Blogger Bunda RaRa said…

    g dah baca!!
    g seneng sih ceritanya,..tapi g gak suka akhirnya gantung gitu...trus terakhir ama sapa dong jadinya na?.. (wah keknya bakalan ada my two lovers 2 neh) hehehe

    PS.dari gue,some people do expect happy ending love!

     
  • At 6:25 PM, Anonymous Anonymous said…

    huhuhu ternyata sulit yah proses mo nerbitin novel tuh..
    jd pnasaran ama crtana niy heuheuheu..

    _ShOFa_

     
  • At 7:06 PM, Blogger Jeng Ungu said…

    wow ternyata prosesnya panjang and melelahkan juga yah!!!

    thaks for the enlightment!! =))

    *menunggu karya berikutnya*

     
  • At 3:44 PM, Blogger House of Covenant said…

    perjuangan = proses.. hasilnya indah! Selamat yaaa :D

     
  • At 11:19 AM, Anonymous Anonymous said…

    Hai Nana pa kabar ? Aku baru aja selesai bc novel kamu MY TWO LOVERS). Tau ga...novel kamu tuh AKU BANGET !!!
    Dilema krn hrs memilih dua laki2 yg sama2 mencintai aku dan aku harus meyakinkan diri siapa sebetulnya diantara mereka yg benar2 aku cintai. Aduh...terharu biru deh aku bacanya...Baru kali ini aku baca novel yg sama dg kehidupan aku.
    Good Luck yach na...Aku tunggu novel terbaru kamu.

     
  • At 5:03 PM, Anonymous Anonymous said…

    wuihh, ga nyangka ternyata ribet juga ya mo nelurin sebuah buku...
    gw langsung jatuh cinta begitu baca my two lovers, banyak banget pelajaran yang bisa gw dapet..
    thanx 4 being ma' inspiration:)
    ps:ending gantung,ditunggu sequelnya..

     

Post a Comment

<< Home

     
 

Syafrina @ blogdrive.com

buzz me

Lomba Blogfam HUT Kemerdekaan RI ke 61
Jumpa Penulis Blogfam
BlogFam Community Powered by Blogger
››  Grasindo
››  Gramedia
››  metropop
 
 
›› May 2005
›› October 2005
›› November 2005
›› December 2005
›› January 2006
›› February 2006
›› March 2006
›› April 2006
›› May 2006
›› June 2006
›› July 2006
›› August 2006
›› September 2006
›› October 2006
›› November 2006
›› December 2006
›› March 2007
›› April 2007
›› May 2007
›› June 2007
›› July 2007
›› August 2007
›› September 2007
›› October 2007
›› December 2007

 
››  dv
››  jaf
››  ryu
››  yuli
››  veli
››  eka
››  chia
››  mya
››  dian
››  nien
››  iwok
››  iwan
››  yaya
››  linda
››  sisca
››  khun
››  dinot
››  dhira
››  zawa
››  nunik
››  jamal
››  anina
››  renny
››  ryane
››  widya
››  pritha
››  apollo
››  ruslee
››  tika82
››  donna
››  hanan
››  tata03
››  samuel
››  rexanis
››  beverly
››  dahliana
››  deetopia
››  lorddhika
››  kanghadi
››  rainraven
››  ali asnawi
››  mariskova
››  jhon_lanon
››  oesoep835


segera terbit



 
 
tampilan dipermak oleh oesoep835